Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam – Flek hitam atau dark spot merupakan salah satu permasalahan pada kulit yang sering dialami wanita sering bertambahnya umur mereka. Tetapi faktanya, kondisi yang disebut sebagai hyperpigmentation ini bisa terjadi pada wanita usia muda juga, lho. Tidak mengherankan kalau banyak wanita mulai mencari informasi dan cara menghilangkan flek hitam.

Pada umumnya, flek hitam terjadi karena kulit sering terpapar sinar matahari yang menyebabkan produksi sel melanosit naik dan terjadilah penggelapan kulit. Tidak hanya itu, kurang vitamin, stress, penuaan, kebiasaan merokok, hingga kanker dapat menyebabkan kondisi ini. Tentu kita nggak mau kan kalau wajah kita jadi kurang cerah dan bersih karena flek hitam?

Untungnya kamu gak perlu khawatir jika sudah terlanjur memilikinya, karena ada beberapa tips menghilangkan flek hitam secara alami. Bahkan, kamu bisa menggunakan jenis buah-buahan umum untuk mengatasinya. Ini dia beberapa cara mengatasi flek hitam menggunakan jenis buah yang direkomendasikan buat kamu.

1. Menggunakan Lemon untuk Menghilangkan Flek Hitam

vitamin c lemon untuk kesehatan wajah
purch.com

Sudah jadi rahasia umum jika buah ini memiliki banyak manfaat untuk kulit kita. Vitamin C yang terkandung dalam Lemon mampu mencerahkan wajah serta mengusir flek hitam, terutama bekas jerawat. Tidak ada salahnya kalau kamu mau mencobanya, meski terasa agak perih saat digunakan pada wajah. Tapi ingat ya, hentikan pemakaiannya kalau rasa perihnya keterlaluan dan lama.

Cara menggunakan lemon untuk memudarkan flek hitam ini cukup mudah. Kamu tinggal oleskan air perasan lemon menggunakan kuas bersih atau jari pada wajah. Tunggu sekitar 5- 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan alami ini secara teratur.

2. Menggunakan Alpukat sebagai Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

menghilangkan flek dengan alpukat
medicalnewstoday.com

Cara menghilangkan flek hitam yang kedua ini, gampang dilakukan di rumah karena hanya perlu menyiapkan alpukat. Berbagai kandungan menyehatkan dalam buah ini, seperti vitamin A, C, E dan lain sebagainya memang bermanfaat bagi kulit. Tidak hanya flek hitam, kulit wajahmu pun bisa terjaga kelembabannya saat menggunakan alpukat. Lalu, bagaimana cara penggunaannya?

Pertama, cukup haluskan daging buah alpukat dan tambah perasan jeruk nipis secukupnya agar hasilnya lebih meksimal. Oleskan pada permukaan wajah dan tunggulah selama 15-20 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih. Dijamin wajahmu akan tampak segar.

3. Penggunaan Pepaya Agar Wajah Bebas dari Flek Hitam

pepaya untuk masker wajah
livelovefruit.com

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita. Enzim papain yang ada dalam buah ini mampu menghilangkan flek hitam karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus meratakan warna kulit. Selain itu, enzim ini juga dapat menghambat produksi tyrosinase, sehingga zat melanin menjadi berkurang.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan pepaya yang sudah dihaluskan sebelumnya menggunakan blender atau garpu pada permukaan kulitmu. Tunggu saja sekitar 20 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Agar maksimal hasilnya, lakukan perawatan ini rutin, 3 kali seminggu. Mudah, bukan? Asal kamunya konsisten.

4. Wajah Tanpa Flek Hitam dengan Menggunakan Apel

apel untuk menghilangkan flek hitam
pexels.com

Mungkin tidak banyak yang tahu jika apel bermanfaat ketika digunakan untuk kecantikan. Tetapi, kandungan vitamin C dalam buah ini memang sanggup membantumu untuk mendapatkan kulit bersih. Bahkan, jika digunakan sebagai masker, flek hitam yang ada di wajah bakal tersingkirkan.

Untuk mendapatkan manfaat itu, cukup campurkan apel yang sudah dihaluskan dengan madu sebanyak 1 sdm dan 1/2 sdt air perasan jeruk nipis. Aplikasikan kombinasi ketiga bahan alamai itu pada wajah dan tunggu sampai 15 menit sebelum kamu bilas dengan air. Agar optimal, gunakan masker apel ini setiap malam hari.

5. Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam dengan Bengkuang

putih alami dengan bengkoang
pertanianku.com

Bengkuang memang terkenal sebagai buah yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Produksi kolagen dalam tubuh kita terbantu karena kandungan vitamin C dalam buah ini menyebabkan kulit kita tetap sehat. Bahkan, vitamin C mampu menyingkirkan tanda-tanda penuaan, seperti flek-flek hitam.

Cara penggunaannya pun mudah, cukup dipakai sebagai masker, maka masalah flek hitam di wajahmu akan teratasi. Sebelum digunakan pada wajah, bengkuang harus diparut dulu agar halus. Tunggu 15 menit sebelum kamu membilasnya menggunakan air bersih. Agar hasilnya maksimal, coba lakukan perawatan dengan bengkuang ini setiap hari.

Nah, itu dia kelima cara alami menghilangkan flek hitam menggunakan buah-buahan. Selain mudah, tentu kamu jadi bisa menghemat biaya perawatan wajahmu. Tapi, sebelum mengaplikasikan tips-tips di atas, jangan lupa lakukan patch test, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Selamat mencoba!

sumber: qupas.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.