Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Luas

Cara Menata Rumah – Salah satu kelebihan rumah berukuran kecil adalah kemudahan dalam perawatannya. Namun masih banyak keluarga yang menganggap bahwa menata rumah kecil adalah hal yang sulit. Oleh sebab itu, silahkan ikuti tips menata hunian kecil agar nyaman di bawah ini.

Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

Kerapian dalam rumah adalah hal yang wajib, terutama untuk rumah minimalis. Rumah yang rapi akan membuat penghuninya merasa nyaman dan betah. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar rumah terlihat rapi

1. Menyimpan Barang Sesuai Tempatnya

organisir barang

Kadang kita sembarangan meletakkan buku, pakaian, kunci, mainan, alat-alat rumah tangga, dan lainnya. Kalau dibiarkan, maka barang-barang yang berserakan akan semakin banyak. Hal ini membuat rumah kecil kita menjadi tidak rapi. Maka dari itu, selalu kembalikan barang ke tempat asalnya setelah digunakan.

2. Rutin Memilah Barang

memilah barang
betterremovalistsperth.com.au

Terkadang kita tidak menyadari bahwa banyak barang-barang di rumah kita sangat jarang digunakan. Mungkin kita hanya beli karena lapar mata saat itu, atau mendapat hadiah dari sahabat-sahabat, bisa juga pemberian dari keluarga dan saudara, serta berbagai alasan lain.

Oleh sebab itu, kita harus menyediakan waktu khusus untuk membuat list barang-barang apa saja yang sudah lama tidak digunakan. Setelah itu kita pikirkan secara matang apakah barang yang tidak terpakai di rumah akan disumbangkan, dijual atau diberikan kepada orang lain. Pemilahan barang yang rutin akan membuat rumah rapi dan membuat kita lebih memaksimalkan barang yang ada.

3. Penataan Ruangan

cara menata rumah

Terbatasnya luas rumah membuat kita harus menata ruangan sekreatif mungkin. Sebelum menata, kita harus punya catatan luas tiap ruangan di dalam rumah. Dengan adanya catatan tersebut, kita bisa terhindar dari membeli perabotan dan alat elektronik yang terlalu besar ataupun terlalu kecil.

4. Cara Menata Rumah dengan Menggunakan Perabotan Multifungsi

multifungsi furniture

Salah satu solusi agar kita bisa menghemat tempat yang tersedia adalah dengan membeli furnitur multifungsi, seperti kasur tingkat, kasur dengan rak yang sudah built-in, sofabed, dan lain sebagainya. Untuk alat masak dan perkakas juga sebaiknya membeli yang multifungsi.

5. Rutin Membersihkan Rumah

membersihkan rumah

Kerapian sebuah rumah sangat ditunjang oleh kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan rumah bisa dibagi menjadi beberapa waktu, misalnya:

  • Harian: menyapu, mengepel, cuci piring
  • Mingguan: membersihkan kamar mandi, dapur dan kaca jendela
  • Bulanan: Kerja bakti total. Membersihkan furnitur, membersihkan sarang laba-laba di asbes, hingga membersihkan talang air.

6. Pengaturan Sirkulasi Udara dan Cahaya

cara menatar rumah dengan memperhatikan sirkulasi cahya

Rumah mungil kita akan semakin rapi bila sirkulasi udara dan cahayanya baik. Sempatkan untuk membuka gorden dan jendela di pagi hari agar udara dan cahaya masuk. Pintu depan rumah juga sebaiknya dibuka, namun, jika kamu memilik pagar bisa tetap ditutup agar aman.

Meningkatkan sirkulasi cahaya juga bisa dilakukan dengan memasang beberapa genteng transparan di bagian ruang keluarga atauupun dapur.

Jika sudah menerapkan keenam point di atas, tentunya rumah kita akan jadi menjadi rapi. Jika sudah rapi, maka rumah kecil kita akan terkesan lebih luas.

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Kerapian rumah adalah salah satu kunci agar rumah sederhana kita terkesan luas. Namun ada beberapa tambahan cara menata rumah kecil agar terlihat luas yang tidak boleh anda lewatkan.

1. Pemilihan Warna Cat

cat ruang tamu
interiordesign.co.uk

Warna-warna netral seperti putih, abu-abu dan krem atau warna terang seperti biru pastel, soft pink dan kuning dapat memberikan kesan luas pada rumah kecil kita.

Namun sebaiknya kita menata dulu perabotan yang akan digunakan dalam rumah, kemudian sesuaikan warna dinding dengan perabotan. Hal ini karena memilih warna cat dinding lebih mudah daripada memilih warna perabotan. Jika dirasa merepotkan, bisa menggunakan wallpaper dinding saja.

2. Memanfaatkan Ruang Vertikal

penyimpanan gantung

Kadang kita lupa memanfaatkan ketinggian dinding ruangan di rumah kita. Untuk memaksimalkan hal tersebut kita bisa membeli lemari baju, lemari buku, rak mainan yang tinggi, bukan melebar. Kamu juga bisa gunakan tempat tidur   yang sudah bult-in dengan meja belajar untuk kamar tidur anak. Selain itu, kamu juga bisa pasang rak dinding di dapur untuk menyimpan bahan-bahan makanan dan lainnya

3. Cara Menata Rumah dengan Ruangan Multifungsi

ruang multifungsi

Menggabungkan fungsi dua ruangan menjadi satu akan membuat rumah terkesan lapang. Misalnya menggabungkan dapur dan ruang makan, ruang keluarga dan ruang makan, ataupun ruang tamu dan ruang teras.

4. Kurangi Sekat

cara menata rumah dengan ruang tanpa partis

Sekat dari tembok untuk memisahkan antar ruangan kurang cocok untuk rumah kecil karena memberi kesan sempit. Hal tersebut bisa disiasati dengan membedakan warna lantai antar ruangan, menggunakan lemari buku atau meja makan sebagai sekat, menggunakan tirai atau kain yang digantung, atau bisa juga menggunakan sekat rotan yang dapat dilipat.

 

Tips-tips di atas mudah untuk diaplikasikan dan hasilnya bisa membuat rumah kecil kita menjadi tertata rapi, nyaman dan lapang. Kita akan semakin betah di rumah.

Berencana untuk beli peralatan rumah baru di tahun baru? Dapatkan peralatan rumah berkualitas dengan harga murah di Shopee dengan Diskon Awal Tahun 2020.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.