Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian dan Macam-Macam Bentuk Awan, Lengkap!

Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian – Awan merupakan sekumpulan tetesan air atau kristal es yang ada di dalam atmosfer. Hal ini terjadi karena uap air yang telah mengembun atau memadat dalam udara sudah melebihi keadaan titik jenuh.

Untuk lebih mengenal cikal bakal hujan ini, kita perlu mengenal proses terbentuknya awan terlebih dahulu.

Proses Terbentuknya Awan

proses terbentuknya awan
kenalsains.blogspot.co_.id

Air di seluruh permukaan bumi lama kelamaan akan menguap karena terkena panas dari matahari. Uap air akan terus bergerak ke atas dan berhenti saat mencapai lapisan atmosfer yang suhunya lebih rendah. Uap dalam bentuk gas tadi akan mencair menjadi titik-titik air.

Titik-titik air dalam jumlah besar lama kelamaan berkumpul menjadi satu. Terbentuklah awan yang merupakan lukisan langit yang indah.

Proses Terjadinya Hujan

proses terbentuknya hujan
rudymaoz.blogspot.co.id

Ketika awan sudah terbentuk, titik-titik air akan terus bertambah sehingga ukuran awan semakin besar. Makin berat pula lah awan tersebut. Gaya gravitasi bumi yang kuat terus menarik awan ke bawah. Jika awan sudah berada di titik jenuh, titik-titik air akan jatuh menjadi hujan.

Bentuk Awan Bermacam-macam

Bentuk Awan Bermacam-macam
Bentuk Awan Bermacam-macam

Awan yang kamu lihat setiap hari pasti bermacam-macam kan bentuknya?

Kadang kita melihat awan menyerupai hewan, seperti kepala kucing besar, kelinci, naga yang panjang, kera, dll. Tak jarang juga bentuknya tak beraturan namun indah untuk dilihat.

Kenapa bentuk awan bisa beraneka ragam?

Hal ini disebabkan karena panas matahari akan membuat titik-titik air di awan akan menguap. Penguapan juga tidak berurutan, sehingga awan satu sama lain tidak sama bagian yang menguapnya.

Hal tersebut menyebabkan bentuk awan menjadi berbeda-beda. Ketika titik-titik air menguap semua, maka awan tidak akan bisa menurunkan hujan.

Kelompok Bentuk Awan

Meski bentuk antar awan satu dengan lainnya tidak sama, awan hanya dibagi menjadi 3 kelompok utama, yaitu:

1. Cirrus

Awan Cirrus
itsoursky.weebly.com

Kamu pasti tahu kan bagaiamana lembut dan tipisnya bulu ayam?

Nah, awan yang memiliki bentuk cirrus memiliki bentuk yang mirip dengan bulu ayam. Awan ini terlihat halus dan tipis, namun memiliki serat antar bagiannya. Karena tipis awan jenis ini tidak akan menyebabkan hujan.

2. Stratus

Awan Stratus
coclouds.com

Awan jenis ini tersebar luas dan merata di seluruh bagian langit bumi. Seolah-olah awan stratus bertugas menyelimuti bumi.

3. Cumulus

Awan Cumulus
weather.ou.edu

Cumulus tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, karena jenis awan ini sangat sering kita lihat. Bentuknya seperti bulu domba yang bergumpal-gumpal. Volumenya besar dan tebal, membawa banyak titik-titik air. Awan jenis ini mampu menurunkan hujan.

Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian

Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian
geograph88.blogspot.co_.id

Setelah mengetahui bentuk awan, kamu perlu mengetahui jenis- jenis awan berdasarkan ketinggian yang ada di dunia.

Memang ada berapa jenis awan berdasarkan ketinggian?

Komisi Cuaca Internasional telah membagi jenis-jenis awan menjadi 4 kelompok utama pada tahun 1894. Tiap-tiap kelompok utama terdiri dari beberapa jenis awan.

Penasaran?

Langsung saja kita bahas satu persatu agar kamu lebih paham.

Kelompok Awan Rendah

Awan jenis ini terletak pada ketinggian tak lebih dari 3 km di atas permukaan laut. Jenis awan yang termasuk dalam kelompok ini adalah:

1. Stratus (St)

Awan Stratus

Stratus berada pada ketinggian di bawah 2000 mdpl. Persebarannya sangat luas sehingga pasti sering kita liat tiap harinya. Awan ini bentuknya melebar dan tipis namun berlapis-lapis. Jika melihat jenis awan ini di daerah yang dingin, mungkin kamu akan kesulitan untuk membedakannya dengan kabut.

Ketika volume awan stratus cukup tebal, maka awan ini bisa menghasilkan gerimis pada daerah tropis seperti di Indonesia, dan hujan salju atau es pada daerah yang memiliki iklim subtropis.

Awan ini bergerak mengikuti aliran angin, sehingga awan stratus terkondensasi di ketinggian yang rendah..

2. Nimbostratus (Ni-St)

Nimbostratus
australiasevereweather.com

Penyebaran awan ini cukup luas. Warnanya putih gelap hingga abu-abu muda. Bentuk awan nimbostratus bulat dan berat namun tidak beraturan di sisi-sisi ujungnya.

Awan ini menyebabkan gerimis jika titik-titik air di dalamnya sudah mencapai titik jenuh. Intensitas hujan yang dihasilkan memang kecil sampai sedang saja. Namun berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

3. Stratocumulus (St-Cu)

stratocumulus
weather.wikia.com

Awan ini terlihat seperti gelombang di laut, karena awan yang bentuknya seperti gumpalan bola-bola ini luas dan tipis sehingga menutulpi langit. Awan ini juga terlihat seperti rekahan. Saat sinar matahari menorobos rekahan tersebut maka kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah.

Pergerakan awan stratocumulus lebih banyak ke arah horisontal, baru kemudian vertikal. Apabila atmosfer sedang stabil awan ini berwarna putih atau kelabu pada senja sampai petang.

Jika sinar matahari tertutup awan ini, daerah di bawah stratocumulus akan teduh. Mungkin ini salah satu jenis awan kesukaan kita.

Kelompok Awan Sedang

Kelompok awan ini berada pada ketinggian yang berbeda-beda tergantung iklim yang berada di daerah tempat terbentuknya kelompok awan ini.

Pada daerah beriklim sangat dingin seperti kutub utara, kelompok awan ini berada pada ketinggian 2-4 km di atas permukaan laut.

Di iklim tropis kelompok awan ini akan berada pada ketinggian 2-8 km di atas permukaan laut. Sedangkan untuk iklim sedang berada pada ketinggian 2-7 km di atas permukaan laut.

Berikut jenis-jenis awan yang termasuk dalam kelompok awan sedang.

1. Altostratus (A-St)

Altostratus
australiasevereweather.com

Jenis awan ini volumenya tebal dan ukurannya luas, tersebar secara luas di cakrawala. Awan altostratus berwarna putih keabu-abuan. Awan ini akan ada di waktu sore sampai pagi hari.

Pergerakannya lambat sehingga jika kamu melihat awan ini di sore hari, esok paginya kamu masih bisa melihat awan ini di tempat yang hampir sama.

Munculnya awan jenis ini pertanda akan turun hujan. Makanya kalau kamu melihat awan altostratus segera bawa payung dan jas hujan untuk jaga-jaga.

2. Altocumulus (A-Cu)

Altocumulus
maltaclouds.net

Altocumulus bentuknya seperti bola dan memiliki volume yang tebal. Ukurannya kecil namun berjumlah banyak, berdempet-dempet dan ada yang menjadi satu juga.

Pola awan ini dapat kamu liat di sore hari. Biasanya kamu bisa melihat jenis awan ini di gunung-gunung tinggi di Indonesia. Dari puncaknya kamu akan melihat kumpulan awan ini, sungguh sangat indah pemandangannya.

Awan ini mirip dengan awan cirrocumulus. Cara membedakannya adalah dari warnanya. Awan altocumulus berwarna putih, sedangkan cirrocumulus berwarna putih keabu-abuan.

Kelompok Awan Tinggi

Sama seperti kelompok awan sedang, kelompok awan tinggi juga terletak pada ketinggian yang berbeda-beda tergantung iklim dimana awan ini terbentuk.

Di daerah yang beriklim sedang seperti di Asia Timur dan Eropa, jenis awan ini berada di ketinggian 5-13 km. Di daerah beriklim sangat dingin seperti di kutub utara, ketinggian awan hanya berjalak 3-8 km saja di atas permukaan laut.

Di Indonesia sendiri yang memiliki iklim tropis kelompok awan tinggi berada pada ketinggian 6-18 km di atas permukaan laut. Berikut jenis-jenis awan yang termasuk dalam kelompok awan tinggi.

1. Cirrocumulus (Ci-Cu)

cirrocumulus
www.flickr.com

Pola awan cirrocumulus sangat unik karena “putus-nyambung". Jenis awan ini sangat mudah membeku sehingga dipenuhi oleh kristal es.

Meskipun awan ini tipis dan ukurannya kecil, namun tetap berpotensi menurunkan hujan. Jika awan ini menurunkan hujan, maka tetesan airnya tidak akan sampai ke permukaan tanah karena bercampur dengan salju.

Bentuk awan ini tidak bertahan lama. Cirrocumulus akan berubah menjadi cirrostratus ketika waktunya sudah tiba.

2. Cirrostratus (Ci-St)

cirrostratus
en.wikipedia.org

Cirrostratus sangat tipis seperti kain putih. Bentuknya seperti serabut atau mirip dengan kerudung halus berwarna putih agak transparan. Jenis awan ini dapat menutup seluruh atau sebagian langit.

Pada musim kemarau di negara tropis, awan ini bisa menampilkan hallo matahari dan bulan (lingkaran cincin yang mengelilingi matahari). Kejadian tersebut terjadi setahun sekali.

3. Cirrus (Ci)

cirrus
en.wikipedia.org

Tipe awan ini tidak mendatangkan hujan. Biasanya awan ini ada di keltinggian lebih dari 5 km. Meskipun musim panas suhu awan ini sangat rendah.

Dinamakan cirrus karena teksturnya seperti serat bulu burung yang halus. Bentuknya tak kalah menawan, melengkung di cakrawala denga pola horisontal di kedua ujungnya.

Kelompok Awan dengan Perkembangan Vertikal

Kelompok Awan dengan Perkembangan vertikal berada di ketinggian 500 m sampai 1,5 km di atas permukaan laut saja, sangat dekat dengan bumi. Contoh dari awan dalam kelompok ini adalah.

1. Cumolonimbus (Cu-Ni)

cumolonimbus
en.wikipedia.org

Awan ini seperti gunung, karena memiliki puncak yang tinggi dan volume yang besar. Sangat indah bentuk cumolonimbus ini.

Letak awan ini sangat rendah hanya 304 m di atas permukaan laut, sedangkan puncaknya berada di ketinggian 1 km di atas permukaan laut. Puncak awan ini bisa kita lihat dari ketinggian, misalnya saat naik pesawat terbang.

Jika awan tebal ini ada di atas wilayahmu dalam keadaan mendung harap berhati-hati. Karena pertanda akan turunnya hujan lebat disertai halilintar dan guntur. Selain itu bisa juga sebagai pertanda datanganya badai. Seperti di Amerika, datangnya awan ini pertanda angin tornado akan menerjang.

2. Cumulus (Cu)

Cumulus
www.thinglink.com

Puncak awan jenis ini sangat tinggi, hingga mencapai 1 km, karena mendapat bantuan dari udara sehingga awan semakin tumbuh ke atas.

Bentuknya seperti awan-awan yang biasa gambar saat pelajaran kesenian dahulu. Namun dengan volume yang jauh lebih besar dan tebal.

Jika terkena sinar matahari, maka sebagian sisi awan akan bercahaya terang sedangkan sisi lainnya menjadi gelap. Menghasilkan gradasi warna yang indah.

Jenis-Jenis Awan Memang Menakjubkan

jenis awan berdasarkan ketinggian memang indah sekali
webhomes.com

Mengenal jenis awan berdasarkan ketinggian serta bentuk-bentuknya tentu menambah pengetahuan kita tentang benda langit yang indah ini.

Semoga materi tentang awan ini bermanfaat bagi kamu semua.

1 thought on “Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian dan Macam-Macam Bentuk Awan, Lengkap!

Leave a Reply