11 Kayu Termahal di Dunia yang Mengagumkan

Kayu termahal di dunia – Kayu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sudah tak terhitung berapa jumlah barang yang dihasilkan dari pengolahan kayu. Tak heran jika kayu adalah komiditi utama di dalam dunia industri dan perdagangan.

Dari ribuan jenis kayu yang tersebar di seluruh dunia, terdapat beberapa jenis kayu termahal di dunia. Kamu penasaran kan?

Langsung saja lihat daftarnya di bawah ini.

African Blackwood

salah satu kayu termahal di dunia
myworldofwood.com

Daftar kayu termahal di dunia kita mulai dari dalbergia melanoxylon atau lebih dikenal dengan nama african blackwood. Kayu ini termasuk tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae.

Pohon ebony berasal dari daerah kering di Afrika. Tersebar ke daerah timur, mulai Senegal sampai Eritrea dan ke daerah selatan sampai provinsi Transvaal di Afrika Selatan.

African blackwood dapat tumbuh 4-15 meter. Membutuhkan waktu 60 tahun untuk mencapai puncak pertumbuhan. Memiliki karakter bersubtrat kering, berwarna hitam seperti papan tulis.

Kayu ini sangat tahan lama melawan pembusukan, dan cukup tahan terhadap serangan serangga seperti kumbang.

alat musik clarinet terbuat dari salah satu kayu termahal di dunia yaitu blackwood
www.the-saleroom.com

African blackwood biasa diolah menjadi alat musik seperti gitar dan clarinet. Selain itu sering juga dijadikan bahan kerajinan ukiran.

Permintaan pasar terhadap kayu ini sangat tinggi. Harganya mampu menembus 7-10 juta rupiah per meter kubiknya di pasar domestik. Sedangkan dalam perdagangan illegal harganya menembus 25 juta rupiah per meter kubiknya.

Namun belum adanya aturan tegas di Afrika mengenai penebangan kayu dan maraknya penyelundupan kayu illegal membua african blackwood terancam punah.

Purple Heart

www.hermpac.co.nz
www.hermpac.co.nz

Pohonnya tersebar dari Mexico sampai Brazil selatan. Purple heart mampu tumbuh hingga 50 meter dengan diameter sampai 1,5 meter.

Ketika baru dipotong kayunya berwarna coklat keunguan, namun ketika sudah dibiarkan agak lama warnanya berubah menjadi ungu terong. Semakin berumur dan semakin banyak terkena sinar matahari, warna purple heart menjadi kecoklatan dengan sedikit ungu.

heatherandfredstudios.com
heatherandfredstudios.com

Mengolah purple heart cukup sulit, karena bila terlalu cepat memotong kayunya akan memancarkan resin bergetah yang akan menghambat mesin.

Proses yang sulit tidak mengurangi fakta bahwa kayu purple heart sangat bagus dan tahan lama. Kayu yang harganya berkisar antara 65 – 80 ribu rupiah per kilogramnya ini banyak diolah menjadi lantai, furniture, konstruksi berat dan pembuatan kapal.

Sandalwood

bibitbunga.com
bibitbunga.com

Di Indonesia pohon ini lebih dikenal dengan nama pohon cendana. Kayunya berat, teksturnya halus, memiliki warna kekuningan dan mengeluarkan aroma wangi yang khas.

Aroma wangi yang dikeluarkan kayu cendana dapat bertahan puluhan tahun. Tidak ada jenis kayu beraroma lain yang sanggup menyainginya.

Sandalwood adalah tanaman parasit, sehingga membutuhkan inang untuk tumbuh secara maksimal. Hal ini membuat pohon cendana cukup sulit dikembangbiakkan. Walaupun merupakan tanaman parasit, pohon ini dapat tumbuh hingga 15 meter dengan diameter 25-30 cm.

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Harga kayu ini di pasaran Indonesia adalah 500 ribu – 1 juta rupiah per kilogramnya. Sedangkan harga gubalnya mencapai 25 juta per kilogramnya.

Kayu cendana diolah sebagai furniture, aksesoris, campuran parfum, aromateraphy, bahan balsam dan bahan pembuatan dupa.

Satu lagi olahan kayu ini yang paling terkenal adalah minyak cendana yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Ebony

www.gilmerwood.com
www.gilmerwood.com

Kayu termahal di dunia berikutnya adalah ebony. Harga kayu ebony berkisar antara 2,5 – 3 juta rupiah per meter kubiknya, bahkan ada ebony berkualitas paling tinggi yang menembus harga 131 juta rupiah per kilogramnya.

Pohon ebony mampu tumbuh hingga 40m. Kayunya berwarna hitam pekat. Memiliki kepadatan yang sangat tinggi sehingga mampu tenggelam dalam air. Kuantitas minyak yang dihasilkan ebony sangat besar, menyebabkan susah di lem saat diolah.

Walaupun demikin, kayu ebony memiliki ketahanan pada serangan serangga. Keawetan kayunya pun luar biasa. Setelah dipoles kayu ini akan menjadi sangat halus teksturnya.

http://ebonybyagora.com/
http://ebonybyagora.com/

Kelebihan yang dimiliki kayu ebony membuatnya menjadi pilihan terbaik jika kamu ingin memiliki furniture yang bertahan lama.

Selain untuk membuat furniture mewah, ebony banyak diolah menjadi alat musik seperti biola, gitar, bass, dan piano.

Pink Ivory

picclick.ca
picclick.ca

Seperti namanya, kayu Pink ivory terbaik berwarna merah muda, walaupun ada varian warna lainnya. Memiliki daya tahan yang bagus terhadap pembusukan. Pink ivory memiliki kepadatan yang tinggi sehingga kayunya sangat keras.

Pohonnya dapat tumbuh hingga 40 meter. Pink ivory tumbuh Afrika Selatan, Mozambique dan Zimbabwe. Negara-negara tersebut memberlakukan izin yang ketat terkait penebangan pohon pink ivory karena termasuk pohon yang langka.

Sampai ada ungkapan yang mengatakan bahwa pink ivory lebih langka daripada berlian.

Harga jual pink ivory berkisar 500- 800 ribu rupiah per kilogramnya. Kayunya banyak diolah menjadi ukiran mewah, pegangan pisau dan tongkat billiard.

Agarwood

www.halalgohalal.com
www.halalgohalal.com

Mungkin kamu bingung agarwood itu pohon yang seperti apa sih?

Tapi kalau pohon gaharu kamu pasti tahu kan?

Ya, kedua pohon itu adalah pohon yang sama.

Agarwood awalnya berwarna cerah, namun karena terkena infeksi jamur, pohon ini mengeluarkan getah gelap sebagai bentuk pertahanannya. Sehingga kebanyakan pohon gaharu berwarna gelap.

Kayu gaharu menghasilkan aroma yang khas. Sehingga dalam industri kecantikan sering digunakan sebagai campuran parfum.

Harga agarwood kualitas terbaik di pasar internasional berkisar 5-6 juta rupiah per kilogramnya. Walaupun permintaan pasar tinggi, perdagangan kayu gaharu dibatasi.

gaharujabar.wordpress.com
gaharujabar.wordpress.com

Penjual harus memiliki izin dari CITES (Convention on International Trade in Endangered Species), konvensi yang mengawasi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa yang terancam punah.

Dengan adanya pemberlakuan ijin tersebut, diharapkan agar pohon gaharu dapat berkembang dengan baik dan tersebar secara merata. Tujuan paling penting tentu menghindarkan agarwood dari kepunahan.

Lignium Vitae

www.kitchenknifefora.com
www.kitchenknifefora.com

Lignium vitae adalah bahasa latin yang berarti pohon kehidupan. Pohon ini menyebar di Amerika Tengah dan daerah utara Amerika Selatan.

Pohonnya berukuran 6-10 meter. Berwarna zaitun atau coklat kehijauan serta memilik tekstur yang berminyak. Gelondongan kayunya dengan mudah tenggelam di dalam air karena memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi.

Lignium Vitae ini dinobatkan sebagai kayu terberat dan terkeras di dunia, mengalahkan kayu termahal di dunia lainnya.

Harga Lignium Vitae per kilogramnya mencapai 1,2 juta rupiah. Sayangnya pohon ini terancam punah akibat eksploitasi yang berlebihan.

Dalbergia

news.mongabay.com
news.mongabay.com

Perseberan pohon yang mampu tumbuh hingga 40 meter ini cukup luas. Tersebar di Asia Selatan, Afrika, Madagaskar, Amerika Tengah dan Selatan.

Kayunya menghasilkan wangi yang khas. Jenis dalbergia yang paling terkenal adalah rosewood, karena mengeluarkan aroma seperti bunga mawar ketika dipotong.

www.soundpure.com
www.soundpure.com

Kelebihan lain dalbergia adalah kemudahan kayunya untuk diolah. Baik diolah dengan tangan maupun mesin.

Kayu dalbergia banyak diolah menjadi ukiran, furniture mewah, bantalan rel kereta api, bagian dari jembatan, dan yang paling terkenal adalah untuk pembuatan gitar akustik.

Di pasaran internasional harganya menembus 1,8 juta rupiah per kilogramnya. Memang mahal, namun peminatnya sangat banyak.

Bubinga

en.audiofanzine.com
en.audiofanzine.com

Kayu bubinga sangat mudah diolah. Kualitas furniture seperti meja dan lemari yang dihasilkan dari kayu bubinga pasti terjamin kualitasnya.

Selain itu kayunya banyak digunakan untuk pembuatan alat musik seperti kecapi dan bass karena menghasilkan suara yang baik secara keseluruhan.

www.advantagelumber.com
www.advantagelumber.com

Bubinga tersebar di daerah-daerah khatulistiwa di Afrika. Pohonnya sangat besar, mampu tumbuh hingga 50 meter dengan diameter 2 meter. Kayunya berwarna merah muda sampai coklat kemerahan dengan garis-garis ungu atau hitam.

Saat ditebang, kayu yang per meter kubiknya berharga 5 – 6,5 juta rupiah ini akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Namun semakin lama aromanya akan semakin menghilang.

Bocote

www.cookwoods.com
www.cookwoods.com

Pohon bocote sangat eye catching karena kayunya mirip dengan motif zebra, namun dengan perpaduan warna coklat kekuningan dengan hitam.

Tinggi pohon mencapai 30 meter dengan diameter 1-1,5 meter. Bocote tumbuh di daerah Mexico dan Amerika Selatan.

Walaupun menghasilkan banyak minyak dari kayunya, namun proses pengolahan kayu ini termasuk mudah dan tidak terjadi masalah saat proses pengeleman.

Kayunya sangat baik untuk dibuat furniture, alat musik, pegangangan senjata dan bagian dari pembangunan kapal.

Harga kayu bocote per meter kubiknya mulai dari 500 ribu rupiah.

Tigerwood

diamondtropicalhardwoods.com
diamondtropicalhardwoods.com

Tigerwood yang akan kita bahas bukan nama atlet golf yang terkenal itu, namun merupakan salah satu jenis kayu termahal di dunia.

Sebenarnya menyebut kayu kurang tepat karena tigerwood adalah bisul kayu. Tigerwood tumbuh alami dan tidak dapat dikembangbiakkan layaknya jenis pohon lain.

Kelebihan tigerwood adalah dari sisi manapun dipotong, serat yang dihasilkan akan sama bagus nya. Hal inilah yang membuat harganya sangat mahal.

kswoodcraft.com
kswoodcraft.com

Untuk perbandingan, meja yang dibuat kayu jati berharga 2,5 juta sedangkan meja berukuran sama namun terbuat dari tigerwood harganya melambung menjadi 6,5 juta.

Namun harga memang sebanding dengan kualitas, sehingga tigerwood banyak digunakan sebagai bahan furniture mewah yang awet dan tahan lama. Tentu dengan memiliki furniture dari bahan tigerwood akan menaikkan prestise seseorang.

Kayu Termahal di Dunia juga Terancam

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Besarnya permintaan kayu di pasaran membuat beberapa pihak gelap mata. Segala cara di lakukan termasuk dengan penebangan illegal yang, penyelundupan ke pasar gelap, menyuap pihak yang berwenang, dll.

Masalah ini terus terjadi karena di banyak negara tidak ada sanksi tegas bagi para pelaku perusakan hutan. Besarnya jumlah pohon yang ditebang tak sebanding dengan jumlah tunas pohon yang ditanam.

Akibatnya banyak jenis pohon yang semakin langka dan terancam punah. Kayu-kayu termahal di dunia pun tak luput dari ancaman ini.

Semoga pemerintah segera mengatasi masalah ini dengan membuat kebijakan yang tepat. Sedangkan sebagai pribadi kita bisa mulai dari menanam pohon atau melakukan donasi kepada yayasan yang bergerak di bidang reboisasi hutan.

Jagalah kelestarian hutan !

Leave a Reply