Rugi Tujuh Turunan Jika Tidak Berkunjung Ke 9 Pantai di Malang Selatan yang Indah Ini!

Pantai di Malang Selatan – Siapa yang belum pernah ke Malang? Rugi rasanya jika belum merasakan kesejukkan udara di kota yang berada di Jawa Timur ini. Tidak hanya memiliki udara yang sejuk, Malang juga menjad surganya kuliner.

Banyak sekali makanan murah di sini. Bahkan harganya bisa dikatakan sangat murah, mungkin menyesuaikan dengan isi kantong mahasiswa ya. Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki beragam keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Bisa rugi tujuh turunan jika tidak mengunjunginya, terutama di sisi Selatan-nya.

Pantai di Malang Selatan merupakan wisata dengan keindahan alam yang amat luar biasa. Wisata pantai tersebut sudah terkenal menjadi salah satu pariwisata Indonesia yang banyak dicari oleh para traveler. Tidak hanya dari traveler atau wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara pun juga ikut meraimakan surga dunia di Malang tersebut.

Jika di data, banyak sekali pantai yang berada di sisi Selatan Kota Malang dan semuanya tentu memiliki ciri khas keindahan masing-masing. Sayangnya pantai-pantai yang sudah dikenal lebih dahulu oleh wisatawan lokal, mulai dipenuhi oleh sampah-sampah yang dibuang oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentu dapat merusak keindahan pantai itu sendiri dan tentunya membuat orang-orang yang berkunjung menjadi kurang nyaman.

Namun bisa jadi saat artikel ini ditulis, keadaan pantai-pantai tersebut sudah membaik, karena saat ini memang sedang digencar-gencarkan agar masyarakat sekitar pantai tersebut membentuk kelompok pengawas, guna menjaga kebersihan pantai tersebut.

Dari situ, kami mencari informasi mengenai pantai-pantai di Malang Selatang yang sudah terkelola dengan baik maupun masih tergolong baru dan hanya sedikit orang yang tahu. Berikut ini adalah beberapa pantai tersebut.

1. Si Eksotik Pantai Teluk Asmoro

pantai teluk asmoro
pegipegi.com

Pantai ini tergolong baru, karena baru diresmikan pada April 2017 lalu. Pantai Teluk Asmoro masih asri dan tentunya bersih dari sampah. Keindahan alamnya juga begitu mempesona dan eksotik.

Perpaduan hijaunya pepohonan yang menyelimuti batu karang di sana membuat pemandangan menjadi begitu menenangkan. Keberadaan batu karang yang lebih menyerupai pulau ini tidak hanya bertindak sebagai hiasan, melainkan juga penghalang ombak yang membuat ombak menjadi lebih tenang. Umumnya ombak pantai selatan memang terkenal cukup besar.

Berenang di pantai Teluk Asmoro tentu dapat dilakukan. Pantai ini juga disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Malang. Jadi sangat rugi jika tidak berkunjung ke pantai ini.

2. Terdiam di Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng
photomalang.com

Meneng dalam bahasa Jawa berarti diam atau tenang, sedangkan banyu berarti air, dengan demikian Banyu Meneng adalah air diam atau air tenang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang memiliki ombak yang tenang. Sama halnya dengan Pantai Teluk Asmoro, di sini berenang juga bisa dilakukan.

Garis pantai ini memang tidak terlalu panjang. Di sekelilingnya adalah hutan. Suasana ini tentu amat cocok jika digunakan untuk bersantai. Berkemah juga bisa dilakukan di sini. Suasana pagi setelah bangun tidur dari dalam tenda akan sangat menyegarkan. Pantai Banyu Meneng juga tergolong baru, jadi kebersihan dan keasriannya masih terjaga.

3. Perpaduan Warna di Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
kaskus.com

Pantai ini memang memiliki tiga warna yang berbeda. Tiap warna mewakili kedalaman perairan di pantai ini. Pemandangan pantai ini sangat indah. Pasirnya lembut serta memiliki air yang amat jernih. Tidak hanya itu, perairan laut di pantai ini juga amat tenang.

Kehidupan bawah laut pantai ini juga sangat terjaga. Terumbu karang tumbuh dengan baik di sini. Apalagi pantai ini juga telah dikelola dengan baik oleh Bhakti Alam yang anggotanya adalah warga sekitar pantai. Di sini wisatawan bisa melakukan snorkeling loh, jadi wisatawan bisa melihat lebih dekat keindahan terumbu karang di sini.

4. Si Alami, Pantai Clungup

Pantai Clungup
blogspot.com

Pasirnya yang halus dengan lingkungan yang bersih adalah nilai lebih dari Pantai Clungup. Alam di sini juga sangat terjaga. Lokasi pantai ini memang dikelilingi oleh perkebunan warga sekitar. Selain itu, pantai ini juga termasuk dalam wilayah konservasi, jadi pasti lingkugannya terlindungi dengan baik.

5. Keindahan Pantai Gatra yang Membius Mata

Pantai Gatra
allesgroen.wordpress.com

Pantai di Malang Selatan memang indah, termasuk Pantai Gatra. Pasir pantai ini berwarna putih dengan air yang jernih. Dengan mata telanjang, wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang dengan jelas.

Keberadaan batu karang yang berukuran besar membuat ombak terpecah dan tertahan. Hal ini membuat perairan di pantai ini lebih tenang. Bermain air di lautnya tentu bisa dilakukan. Di sekitar pantai juga banyak pepohonan yang tumbuh dengan subur, sehingga udara terasa sejuk. Jika tidak ingin melakukan apapun, maka bersantai di bawah pohon sambil melihat keindahan Pantai Gatra adalah pilihan yang tepat.

6. Ada Goa dan Danau di Pantai Bantol

Pantai Bantol
jejakpiknik.com

Air laut di pantai ini juga sangat jernih dan tentunya bebas dari sampah. Tidak hanya pantai yang ada di sini, melainkan juga terdapat sebuah goa dan danau kecil berair payau. Tampaknya melakukan eksplorasi di Pantai Bantol akan menjadi salah satu kegiatan seru.

Perairan laut di Pantai Bantol termasuk tenang. Ini dapat terjadi karena letak pantai ini memang berada di daerah teluk dan terdapat gugusan karang di sepanjang garis pantainya. Jadi para wisatawan juga dapat berenang dengan tenang di sini.

7. Pantai Sipelot, Si Pemilik Pasir Melingkar

Pantai Sipelot
jejakpiknik.com

Keunikan Pantai Sipelot terletak pada hamparan pasir yang memiliki bentuk melingkar. Hamparan pasir ini terbentang sepanjang dua kilometer. Pasirnya masih bersih dan memiliki tekstur lembut. Ombak di sini juga begitu tenang. Di sini wisatawan dapat bebas berenang dan snorkeling.

8. Pantai Licin, Salah Satu Pantai di Malang Selatan yang Merupakan Surganya Lumut

Pantai Licin
blogkulo.com

Lumut merupakan salah satu tanaman air. Tanaman ini memiliki tekstur licin ketika dipegang. Di pantai ini, tanaman tersebut tumbuh dengan suburnya. Pasir pantai ini juga berbeda dengan pasir pantai di Malang Selatan pada umumnya, karena pasir pantai di sini berwarna hitam.

Pasir hitam di Pantai Licin adalah akibat dari muntahan lahar Gunung Semeru. Sangat disarankan jika ingin mengunjungi pantai unik ini menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan yang dilalui tidaklah mudah. Para pengunjung harus melewati jarang yang terjal dan berliku.

9. Pantai Batu Bengkung, Sangat Cocok untuk Berkemah

Pantai Batu Bengkung
sobatpiknik.com

Pantai ini seakan dilindungi oleh dua buah batu karang yang berukuran sangat besar. Bahkan ada sebuah batu karang yang membentang di garis pantainya, sehingga dapat membuat air laut terperangkan dan muncul genangan air yang bisa digunakan untuk berenang dengan aman.

Ketika pagi hari, keindahan pantai ini akan sangat jelas terlihat. Cobalah melangkah sedikit ke arah lautnya, maka akan dijumpai terumbu karang dan beberapa hewan laut. Keindahan matahari terbitnya dan terbenamnya juga sangat sayang untuk dilewatkan. Berkemah di sini adalah pilihan terbaik, karena fasiltas di sini terbilang lengkap. Mulai dari warung, musholla hingga kamar mandi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.