Peluang Bisnis Rumahan | Duduk Manis & Menghasilkan Uang, Apakah Bisa?

Peluang Bisnis Rumahan – Saat ini kebutuhan rumah rasanya semakin banyak. Bukan dalam jumlahnya, melainkan harganya. Harga kebutuhan yang tidak stabil membuat penyusunan rencana keuangan menjadi tidak tepat sasaran dan sering kali melebihi dari apa yang telah direncanakan.

Adanya hal ini tentu para ibu mulai mencari cara untuk membantu keuangan keluarganya. Bisnis rumahan pun mulai menjadi incaran para ibu-ibu. Tentu dengan model bisnis tersebut membuat pengelolaan menjadi lebih mudah, karena bisa dilakukan tanpa keluar rumah.

Tidak hanya ibu-ibu. Tidak sedikit juga orang yang ingin berbisnis di rumahnya. Duduk dan bebas melakukan apa saja, namun tetap menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mungkin bisa jadi sekarang itu menjadi cita-cita kebanyakan orang. Namun masih adakah peluang bisnis seperti itu?

Saat ini banyak sekali peluang bisnis rumahan kekinian dan amat menjanjikan. Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi saat ini yang sangat memudahkan dalam berkomunikasi. Lantas apa peluang bisnis rumahan tersebut? Berikut ini informasinya.

Toko Online sebagai Peluang Bisnis Rumahan

bisnis dari rumah
goalprofits.com

Internet menjadi ladang yang amat subur untuk memulai bisnis. Koneksi yang sangat luas menjadi peluang yang harus dimanfaatkan. Saat ini sangat tidak mungkin orang tidak memiliki smartphone, apalagi yang tidak menggunakan internet. Memang ada yang belum bisa menggunakan internet, terutama generasi 90-an ke atas, namun jumlahnya sangat sedikit. Jangan lupa, “belum bisa".

Selain itu, saat ini masyarakat juga beralih menjadi masyarakat yang konsumtif. Inilah peluang terbesar di toko online. Virus mager alias malas gerak juga memperkuat posisi toko online untuk menjadi incaran orang-orang. Cukup mengakses internet dengan gadgetnya, maka barang sudah dapat berada di tangan dalam beberapa hari, bahkan hitungan jam pun juga sangat mungkin.

1. Langkah Cerdas Memulai Bisnis

memulai bisnis
google.com

Tentu toko online menjadi bisnis rumahan yang kekinian dan menjanjikan. Namun bagaimana langkah memulai bisnis ini? Hampir semua orang menganggap memulai bisnis toko online adalah hal yang mudah, kenyataannya tidak demikian. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan diketahui.

Hal-hal yang harus diperhatikan dan diketahui ini antara lain adalah tren pasar, harga jual barang, keunikan barang yang dijual dan kelebihan barang tersebut. Kekinian menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan. Produk-produk baru yang inovatif dapat menarik perhatian para pembeli.

Selain itu, harga juga harus menjadi perhatian penting. Semua orang menyukai barang berharga murah, namun tetap berkualitas. Disinilah tantangan jika ingin berbisnis toko online. Namun bisa juga menjual barang yang sudah ada dengan harga yang lebih murah dari harga pasar, namun dengan kualitas yang sama.

Kebanyakan memang orang-orang lebih memilih menjual barang yang sudah ada di pasaran, namun dengan memperhatikan tren pasar. Tetap saja harus cermat dalam memilih barang yang akan dijual, karena terkadang tren itu sirna, kita ambil contoh saja batu akik.

2. Jangan Hanya Terpaku pada Barang yang Dijual

fokus bisnis
parking.org

Ada cara untuk mengetahui tren pasar di toko online. Namun untuk mengetahui cara ini harus belajar SEO dan internet marketing terlebih dahulu. Dengan mengetahui SEO (Search Engine Optimazation) maka kita bisa mengetahui tren pencarian di mesin pencari, semisal Google. Ini memudahkan dalam melihat tren yang ada.

Internet marketing juga penting, karena pemasaran di dunia digital (internet) sangat jauh berbeda dengan pemasaran di dunia nyata. Pemasaran di dunia tersebut lebih kompleks, namun ketika sudah mengetahui “kuncinya", maka hal itu akan menjadi sangat mudah.

Peluang bisnis toko online memang amat menjanjikan, namun proses meraih keuntungan tinggi dari bisnis ini juga membutuhkan pengalaman yang banyak. Tidak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan, karena memang kalah pengetahuan mengenai SEO dan internet marketing.

3. Tips Sukses Bisnis Toko Online

bisnis sukses
newsmoney.com

Oleh karena itu ada beberapa tips jika ingin memulai bisnis toko online, yaitu pertama tentukan terlebih dahulu toko online Anda akan berdiri sendiri (berupa website) atau berada dalam market place (Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lainnya).

Pertama, Pilih Tempat Berjualan

Pemilihan platform ini juga amat penting, karena masing-masing platform memiliki keunggulan masing-masing dengan ciri khas pengguna sendiri. Contohnya saja Shopee yang lebih digemari kalangan muda-mudi, terutama kalangan perempuan. Disini juga harus mencari tahu, platform mana yang paling cocok untuk tempat berjualan online.

Kedua, Tentukan Barang yang Dijual

Tips yang kedua adalah pastikan memilih barang yang sedang tren dan memungkinkan akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang, misalnya saja barang fashion. Fashion dan gaya hidup tidak akan pernah bisa terlepas dari kehidupan bermasyarakat saat ini. Semuanya ingin tampil gaya, namun dengan harga yang murah dan jika bisa barang tersebut unik dan limited edition.

Disinilah Anda bisa berinovasi, misalnya saja pembuatan tas punggung kustom ataupun barang fashion lainnya yang dibangun dengan citra “ekslusif". Barang fashion yang demikian saat ini sudah pasti memiliki pasar yang bagus. Namun tantangan yang harus dihadapi juga besar, karena ini termasuk pembuatan brand baru. Jadi mempelajari strategi branding adalah sebuah kewajiban.

Ketiga, Passion yang Berbicara

Dalam berjualan sebuah barang, bisa jadi passion seseorang menjadi jalan emas untuk dirinya. Dengan passion, seseorang akan lebih bersemangat dalam menjalani bisnisnya, contohnya saja seperti mendiang Om Bob yang terkenal dengan gayanya yang nyentrik.

Lantas bagaimana kita mengetahui passion? Sangat mudah sekali. Pernahkah Anda mencari suatu hal ataupun melakukan maupun membuat sesuatu hingga lupa waktu, lupa makan dan hanya berfokus pada satu hal itu saja dan tidak pernah bosan dengan hal itu? Itulah passion.

Passion adalah sebuah ketertarikan diri kita terhadap suatu hal yang seakan kita terikat dengannya. Tiap orang memiliki passion yang berbeda dan inilah investasi dari tiap orang. Dengannya bisnis bisa dibangun.

Keempat, Pelajari SEO dan Internet Marketing

Tidak sedikit orang yang memaksa terjun ke suatu hal yang baru tanpa mengetahui seluk beluk akan hal itu dan tentu hasilnya tidak akan pernah bisa bagus. Ini sama halnya dengan sebuah bisnis.

Jika berbicara mengenai toko online, maka SEO dan internet marketing adalah hal yang tidak akan pernah bisa lepas darinya. Saat ini sudah banyak ilmu mengenai kedua hal itu, namun sangat disarankan untuk ikut kursus SEO dan internet marketing.

Dengan kursus, ilmu yang didapatkan lebih terstuktur. Hal ini akan amat jauh berbeda jika belajar secara otodidak. Selain itu, dengan kursus juga lebih memudahkan dalam bertanya, karena sudah ada mentor yang akan membimbing dan membantu. Untuk biaya kursus sendiri terbilang terjangkau, antara 500 ribu hingga 3 juta rupiah.

Kelima, Buat Strategi Penjualan dan Jangan Takut Rugi

Rugi dahulu adalah hal penting dalam berjualan. Mengadak promo-promo bisa menjadi pilihan tepat agar toko online yang baru dibuat lebih cepat dikenal. Tentu semua orang paham jika bisnis tanpa kerugian adalah hal yang sangat jarang. Hampir semua pebisnis pasti pernah merugi. Jadi jangan pernah takut rugi.

Keenam, Buat Catatan Keuangan

Alur keuangan amat penting untuk dibuat. Dengan ini kita bisa mengetahui kemana saja uang itu keluar dan masuk. Memang ini terlihat sederhana, namun tidak sedikit orang yang baru menjadi pedagang online gagal dalam usahanya, karena alur keuangan yang tidak diketahuinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.