12 Serangga Terbesar di Dunia yang Menakjubkan

Serangga Terbesar Di Dunia – Terdapat bermacam-macam jenis dan spesies serangga yang tersebar di seluruh dunia. Diantara keberagaman serangga yang ada tentu ada beberapa yang berukuran raksasa. Kamu tentu penasaran kan apa saja serangga terbesar di dunia?

1. Atlas Moth

ytvrci.deviantart.com
ytvrci.deviantart.com

Serangga ini adalah ngengat terbesar di dunia. Atlas moth betina selalu lebih besar dan berat daripada pejantannya. Memiliki lebar sayap sampai dengan 30 cm dengan luas permukaan 400 cm persegi. Wow, besarnya hampir menyamai beberapa jenis burung.

Atlas moth banyak ditemukan di hutan tropis kepulauan Melayu (Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, Timor Timur dan Filiphina).

Saat dewasa, serangga ini tidak memiliki mulut dan setelah keluar dari kepompong mereka tidak makan apapun. Atlas moth dewasa bergantung pada persediaan lemak yang mereka kumpulkan selama menjadi kepompong.

www.bugroadshow.co.uk
www.bugroadshow.co.uk

Kepompong atlas moth memiliki ketahanan yang luar biasa. Kepompong dapat dipintal untuk menghasilkan sutra coklat yang disebut Fagara. Oleh masyarakat lokal di Thailand, fagara diolah menjadi benda sehari-hari, seperti dompet.

Sayangnya serangga luar biasa ini hanya hidup satu sampai dua minggu sejak pertama kali mengepakkan sayapnya.

2. Giant Burrowing Cockroach

c1.staticflickr.com
c1.staticflickr.com

Giant Burrowing Cockroach merupakan serangga asli Australia, banyak dijumpai di bagian tropis Queensland. Memiliki jangka hidup sampai dengan 10 tahun.

Dijuluki pula sebagai kecoa badak, mengingat serangga ini adalah jenis kecoa terbesar dan terberat di dunia. Beratnya mencapai 35 gr, dengan panjang 80 mm.

cdn7.quizzclub.com
cdn7.quizzclub.com

Kecoa ini untungnya tidak memiliki sayap. Kita tidak bisa membayangkan bukan bagaimana bila kecoa terbesar ini memiliki sayap dan sedang terbang dihadapan kita. Mungkin tidak hanya jeritan yang akan terdengar, namun bisa juga kesadaran kita akan hilang.

Mereka mengonsumsi daun-daun kering, kayu putih dan mendaur ulang materi lain. Sehingga serangga ini memiliki peran yang sangat vital di dalam sebuah ekosistem.

3. Giant Long-Legged Katydid

thebugbrothers.blogspot.hk
thebugbrothers.blogspot.hk

Salah satu serangga terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga 15 cm. Antena yang mereka miliki dapat tumbuh dua sampai tiga kali ukuran badan mereka. Antena yang mereka miliki juga berfungsi untuk mencari makanan dan menarik pasangan.

Selain menggunakan antena, pejantan juga menggunakan suara yang sangat bising untuk menarik perhatian betina. Suara serangga ini adalah salah satu yang terkeras di dunia diantara suara yang dihasilkan serangga lain.

Serangga ini memiliki kaki yang panjang namun tidak memiliki kemampuan melompat yang baik. Bentuk tubuhnya yang mirip daun membuat predator kesulitan menangkap mereka.

s1068.photobucket.com/
s1068.photobucket.com/

Giant katydid terdiri dari 6400 jenis spesies yang berbeda. Sebagian besar adalah herbivora, sebagian lain merupakan karnivora. Serangga ini memiliki habitat alami di Malaysia.

Meskipun mirip dengan belalang, serangga ini lebih memiliki hubungan kekerabatan dengan jangkrik.

4. Giant Walking Stick Insect

www.earthtouchnews.com
www.earthtouchnews.com

Serangga nocturnal ini dinobatkan sebagai serangga terpanjang di dunia. Jenis terpanjang berasal dari Asia Tenggara yang dapat tumbuh hingga 60 cm. Jangka waktu hidup mereka berkisar antara beberapa minggu sampai beberapa bulan.

Lambat, tidak memiliki sayap, tidak dapat melompat adalah kelemahan giant walking stick insect. Namun serangga ini memiliki cara sendiri untuk menghindari predator.

reafforestation.files.wordpress.com
reafforestation.files.wordpress.com

Kamu bisa temukan dimana giant walking stick insect? Tidak mudah bukan?

Salah satu caranya bertahan hidup adalah dengan diam dan bersembuyi diantara ranting pohon sepanjang siang hari. Warna dan corak tubuhnya mendukung hal tersebut. Baru di malam hari dia bergerak mencari makanannya yang berupa tumbuh-tumbuhan.

Beberapa spesies dari serangga ini dapat menyemprotkan bau yang menyengat untuk melindungi diri dari pemangsa. Namun giant walking Stick insect tidak berbahaya bagi manusia.

5. Giant Water Bug

joe-lynn-design.deviantart.com
joe-lynn-design.deviantart.com

Kutu buaya adalah julukan bagi serangga ini. Tentu bukan karena kutu air ini suka hinggap di atas punggung buaya. Namun karena ukuran kutu air ini dapat mencapai 12 cm.

Serangga ini sangat agresif, mereka menguntit mangsanya. Mereka memakan ikan, kodok, invertebrata air, siput, dll.

Jika mangsa sudah berada di dalam jangkauannya, maka mereka akan melancarkan serangannya dengan cara menggigitnya. Saat menggigit mereka memasukkan air liur yang sangat kuat hingga mampu melemahkan mangsa.

Gigitan mereka dianggap sebagai salah satu yang paling menyakitkan diantara serangga apapun. Namun tidak sampai menimbulkan kematian bagi manusia.

www.bugsfeed.com
www.bugsfeed.com

Jika mereka berhadapan dengan predator yang lebih besar, maka mereka akan mengeluarkan cairan dari anus mereka. Hal ini menyebabkan pemangsa mengira giant water bug sudah mati dan meninggalkannya.

Walaupun termasuk serangga yang mengerikan, di Thailand serangga ini ditangkap untuk dijadikan makanan. Rasanya sangat lezat sehingga peminat kutu buaya ini sangat banyak.

6. Giant Weta

http://aactionpc.net/
http://aactionpc.net/

Giant weta adalah endemik di Selandia Baru. Mempunyai panjang tubuh hingga 10 cm tidak termasuk kaki dan antena. Keunikan serangga ini adalah memiliki telinga di bawah sendi lutut pada kaki depannya.

Weta Berasal dari kata “wetapunga” yang merupakan Bahasa Maori, memiliki arti “God of Ugly Things”. Menegaskan bahwa serangga ini memang memiliki penampilan yang mengerikan.

Salah satu giant weta yang ditemukan memiliki berat hingga 70gr, lebih berat dari seekor tikus. Serangga ini termasuk salah satu serangga terberat di dunia.

Giant weta memiliki hubungan kerabat dengan jangkrik. Namun karena beratnya, serangga ini tidak bisa terbang ataupun melompat.

www.wired.com
www.wired.com

Makanan alami mereka adalah wortel, bunga, biji-bijian, daun dan dan buah. Sedangkan tikus dan kucing adalah predator bagi mereka.

Salah satu fosil dari 190.000.000 tahun yang lalu memiliki kemiripan dengan giant weta yang ada sekarang. Sehingga giant weta termasuk serangga yang hidup di jaman dinosaurus.

7. Goliath Birdeater Spider

www.emaze.com
www.emaze.com

Pemakan Burung?

Terdengar menyeramkan untuk nama seekor laba-laba. Walaupun laba-laba ini tidak memakan burung seperti namanya, mereka mampu memakan tikus, katak, kodok dan kadal.

Laba-laba ini memiliki panjang kaki mencapai 29 cm beserta ukuran tubuhnya yang mencapai 12 cm dan berat hingga 175 gr. Menobatkannya menjadi laba-laba terbesar di dunia.

Jika merasa terancam birdeater akan menggesek-gesekan kakinya sehingga menghasilkan suara bising yang dapat didengar dari jarak 4,5 meter.

www.aboutanimals.com
www.aboutanimals.com

Selain itu dengan panjang taring yang mencapai 2,5 cm mereka mampu membela diri dengan gigitannya. Gigitan birdeater beracun, namun racunnya hanya sebanding dengan racun tawon. Sehingga tidak menyebabkan kematian pada manusia yang tergigit.

Goliath birdeater banyak ditemukan di hutan hujan di Amerika Selatan, salah satunya hutan paling terkenal di dunia, yaitu hutan Amazon.

8. Larva Goliath Beetle

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Larva kumbang goliath ini adalah larva terberat dan terbesar diantara semua jenis larva serangga. Memiliki panjang tubuh mencapai 25 cm dan berat maksimal 100 gr. Serangga ini banyak ditemukan di hutan tropis di Afrika.

Larva goliath beetle membutuhkan protein yang sangat tinggi, melebih larva jenis kumbang lain. Makanan utamanya adalah ranting, daun, dan pellet kering.

www.worldmostamazingthings.com
www.worldmostamazingthings.com

Setelah mencapai berat maksimum, larva goliath beetle mulai memasuki masa kepompong. Ketika metamorfosis telah sempurna, mereka akan berganti kulit kepompong dilanjutkan dengan hibernasi sebagai kumbang beetle dewasa selama musim kemarau.

Goliath beetle dewasa adalah kumbang terberat di dunia walaupun bukan yang terbesar. Memiliki panjang tubuh 6-11 cm dengan berat 50 gr.

9. Chinese Praying Mantis

chinadigitaltimes.net
chinadigitaltimes.net

Pertama kali ditemukan di daearah Asia, namun kini sudah menyebar ke banyak Negara. Chinese praying mantis adalah jenis belalang sembah terbesar dengan panjang mencapai 11 cm. Warna tubuh belalang sembah ini bervariasi dari hijau sampai coklat.

Chinese praying mantis merupakan predator yang memakan serangga-serangga kecil lain. Namun betinanya ditemukan memakan reptil kecil dan burung kolibri.

prairieecologist.com
prairieecologist.com

Belalang sembah juga dikenal dengan kanibalismenya. Biasanya betina akan memakan pejantan yang menjadi pasangannya.

Mulai banyak orang yang memelihara belalang sembah ini karena mereka bukan serangga yang agresif dan mudah untuk dirawat.

Beberapa perusahaan juga menjual serangga ini untuk diletakkan di greenhouse. Belalang ini berfungsi sebagai predator alami, yang nantinya akan memakan hama seperti kutu atau lalat.

10. Queen Alexandra Birdwing

www.flickr.com
www.flickr.com

Kupu-kupu terbesar di dunia ini terancam punah. Mereka hanya ada di hutan Provinsi Oro di timur Papua Nuginie.

Perusakan alam yang menjadi habitatnya dan tingginya minat kolektor di pasar gelap menjadi pemicu kenapa serangga ini sangat langka.

Betina kupu-kupu ini lebih besar dari pejantannya. Memiliki lebar 28cm dan panjang 8 cm serta berat mencapai 12 gr.

www.extremescience.com
www.extremescience.com

Sama seperti kupu-kupu pada umumnya, queen alexandra birdwing menjadikan nektar bunga sebagai makanan utama.

11. Tarantula Hawk

http://ww3.hdnux.com/
http://ww3.hdnux.com/

Tawon ini benar-benar menjadikan laba-laba tarantula sebagai buruannya. Sengatan tarantula hawk dapat melumpuhkan tarantula, yang kemudian diseret ke sarang mereka.

Organ penyengat tawon ini berukuran 7mm. Menjadikannya serangga dengan sengatan paling menyakitkan kedua, setelah bullet ant.

Meskipun sengatannya berbahaya, namun tawon terbesar di dunia ini bukan termasuk serangga yang agresif. Mereka baru menyengat dan menyerang bila merasa terancam.

survivalsherpa.wordpress.com
survivalsherpa.wordpress.com

Kalian tidak mau kan bengkak seperti gambar di atas?

Makanya jangan mengganggu tarantula hawk  ya teman-teman!

12. Titan Beetle

kumbang terbesar di dunia sekaligus serangga terbesar di dunia
quizzclub.com

Titan beetle adalah kumbang terbesar di dunia. Kumbang ini dapat tumbuh hingga ukuran 17 cm. Meskipun besar serangga ini dapat terbang tanpa kesulitan.

Memiliki habitat di hutan Amazon, yang juga merupakan rumah bagi beberapa jenis kumbang besar lainnya. Selain itu dapat ditemukan di hutan hujan berbagai negara seperti Venezuela, Colombia, Equador, Peru dan Guianas

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Saat merasa terancam serangga ini akan mengeluarkan suara yang sangat bising dan menggigit. Mereka dianugerahi mulut yang tajam dan rahang yang kuat. Kumbang ini mampu dengan mudah mematahkan pensil, bahkan merobek daging manusia.

Larva dari titan beetle tidak pernah ditemukan. Diperkirakan larva mereka hidup dan makan dari dalam kayu. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai ukuran maksimal bagi larva. Setelah itu baru mereka memasuki fase kepompong.

Serangga Terbesar di Dunia memang Mengerikan tetapi Menakjubkan

http://upgradedape.com
http://upgradedape.com

Membaca daftar serangga terbesar di dunia mungkin membuat sebagian dari kita merinding. Tapi harus diakui bahwa mereka terlihat menakjubkan dengan ukuran raksasanya bukan?

Selain itu kita tidak perlu takut.

Mereka memang besar, tetapi kita lebih besar.

2 thoughts on “12 Serangga Terbesar di Dunia yang Menakjubkan

Leave a Reply