Daftar Stadion Terunik di Dunia, Dijamin Beda dari Stadion Lainnya!

Stadion Terunik di Dunia – Sebagian besar dari kita pasti pernah melihat stadion, baik langsung maupun melalui media lain. Mulai dari stadion yang kecil dan biasa sampai yang megah dan indah.

Namun pernahkah kamu melihat stadion-stadion yang letaknya unik?

Kalau belum, ayo kita cari tahu bersama-sama!

1. Eco Stadium, Brazil

stadion terunik di dunia eco stadium
www.blogoftheworld.com

Stadion ini sangat ramah lingkungan, karena pembangunannya menggunakan kayu yang melalui proses daur ulang. Tempat duduknya pun beralaskan rumput asli.

Tak salah bila stadion ini termasuk salah satu stadion terunik di dunia. Eco Stadium terletak di Curitiba, Brazil. Mampu menanpung 6000 penonton.

2. Gospin Dolac, Kroasia

stadion terunik di dunia gospin dolac
en.wikipedia.org

Kamu ingin menyaksikan pertandingan sepak bola sambil menikmati pemandangan alam?

Cobalah datang ke Stadion Gospin Dolac di Krosia. Stadion yang merupakan markas NK Imotski ini didirikan di pinggir kawah yang sekarang menjadi danau. Salah satu stadion terunik di dunia ini berkapasitas 4000 penonton.

3. Adidas Futsal Park, Jepang

stadion terunik di adidas futsal park
foto.ilmessaggero.it

Stadion terunik di dunia berikutnya adalah Adidas Futsal Park.

Keunikan dari stadion ini adalah letaknya yang berada di puncak gedung Tokyu Toyoko Departmert Store.  Persis di sebelah Stasiun Shibuya yang sudah sangat mashyur di Jepang.

Semua orang bisa bermain futsal di stadion yang dibuka sejak tahun 2001 ini.

Kelengkapan fasilitas, harga rumput sintetis yang tak sedikit untuk mendapatkan kualitas lapangan terbaik, serta kenyamanan yang tinggi membuat biawa sewa lapangan ini tergolong mahal.

Paket paling murahnya saja berharga 5250 Yen.

4. Eidi Stadium, Kepulauan Faroe

stadion terunik di dunia eidi stadium
myoldmansaid.tumblr.com

Stadion ini merupakan markas beberapa klub sepak bola semi profesional di Kepulauan Faroe. Letak salah satu stadion terunik di dunia ini hanya beberapa meter dari Samudra Atlantik.

Pemandangannya memang luar biasa indah, namun sebaiknya jangan main bola saat air laut pasang ya! Bisa-bisa kamu terbawa ombak.

5. Stadion Ottmar Hitzfeld

stadion terunik di dunia stadion ottmar hitzfeld
pinterest.com

Sesuai namanya, stadion terunik di dunia merupakan bentuk apresiasi Swiss kepada pelatih Bayern Muenchen masa lalu Ottmar Hitzfeld, yang merupakan pelatih terhebat dalam sejarah sepak bola Swiss.

Stadion ini terletak di ketinggian 2000 mdpl. Menjadikannya stadion tertinggi di seluruh daratan Eropa. Tidak mudah untuk menuju stadion ini, kamu harus menaiki kereta gantung ataupun helikopter untuk mencapainya.

6. Marina Bay Stadium, Singapura

stadion terunik di dunia marina bay stadium
footybedsheets.tumblr.com

Stadion terunik di dunia selanjutnya tidak jauh letaknya dari negara kita. Marina Bay Stadium terletak di Singapura.

Negara yang memiliki ikon patung Marlion ini memang memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar. Sehingga mereka membuat sebuah lapangan sepak bola yang mengapung di atas air.

Kira-kira sudah berapa bola yang keluar lapangan ya, hingga bolanya mengapung di teluk Marina?

Tribun Marina Bay Stadium juga bisa menjadi tribun penonton saat balapan mobil F1 berlangsung di sirkuit Marina Bay.

7. Stadion Braga, Portugal

stadion terunik di dunia stadion braga
www.panoramio.com

Salah satu stadion terunik di dunia ini pernah jadi veneu Piala Eropa 2004 yang berlangsung di Portugal. Dibangun tahun 2001, stadion ini menghabiskan biaya mencapai 83,1 juta dolar dengan kapasitas penonton lebih dari 30.000.

Stadion ini didirikan di area tambang Monte Casto. Stadion Braga makin unik karena berbatasan langsung dengan dinding batu raksasa yang terlihat jelas dari stadion.

8. Igraliste Batarija, Kroasia

stadion terunik di dunia igraliste batarija
www.candabola.com

Igraliste Batarija terletak di kota Trogir, Kroasia. Stadion ini merupakan markas klub HNK Trogir, yang hanya mampung 1000 penonton saja.

Meski bukan stadion besar, namun ada yang khas dari Igraliste Batarija. Stadion ini dibangun di atas tanah bekas benteng Kamerlengo dan Menara St. Marco.

Di salah satu sisi lapangan masih terlihat dengan jelas bentengnya. Pasti sensasinya berbeda melihat pertandingan bola dari atas benteng.

9. Stadion Kramyra, Norwegia

stadion terunik di dunia stadion kramyra
uniknya.com

Sebagai salah satu stadion tertua di Norwegia, stadion Kramyra cukup unik. Stadion yang menjadi markas klub Aalesunds FK dari tahun 1977 ini berada di sebelah bukit.

Bahkan sebagian sisi lapangan tidak datar karena langsung bertemu dengan bukit. Beberapa bagian pinggir lapangan juga ditumbuhi pohon-pohon.

Mantan pemain Liverpool yang tenar, John Arne Riise pernah bermain selama dua tahun di salah satu stadion terunik di dunia ini saat baru memulai karir sepak bola profesionalnya.

10. Stadion Crocodilos Park

stadion terunik di dunia crocodilos park
www.teropongsenayan.com

Stadion yang terletak di Caracas, ibukota Kolombia ini berada di atas bukit. Salah satu stadion terunik di dunia ini tidak memiliki pagar disekeliling lapangan.

Crocodilos Park hanya berbatasan dengan tembok di salah satu sisinya. Sedangkan sisi lainnya berbatasan langsung dengan jalan tol.

Bahaya juga ya kalau bola sampai keluar ke jalan tol?

Tapi sepertinya masalah tersebut tidak pernah terjadi. Karena stadion berkapasitas 3000 penonton ini masih digunakan sebagai kandang Caracas FC.

11. Stadion Osaka, Jepang

stadion terunik di dunia stadion osaka
www.snopes.com

Awalnya stadion ini dibangun sebagai tempat melangsungkan pertandingan Baseball. Tim Nankai Hawks yang pertama kali bermarkas di stadion ini. Letak stadion berkapasitas 31.379 ribu penonton ini sangat strategis karena berada di pusat Kota Tokyo.

Pada tahun 1988, tim Nankai Hawks pindah sehingga lapangan jadi tak bertuan. Akhirnya bagian tengah lapangan diubah menjadi perumahan.

Keunikan itu hanya bertahan 10 tahun. Karena pada tahun 1998 salah satu stadion terunik di dunia ini dirobohkan untuk diubah menjadi pusat perbelanjaan.

Sayang sekali ya?

12. Stadion Mmabatho, Afrika Selatan

stadion terunik di dunia stadion mmabatho
dailytrackpic.com

Salah satu stadion terunik di dunia ini dibangun oleh sebuah perusahaan besar asal Rusia pada tahun 1981. Entah apa yang menjadi inspirasi dari perancang Stadion Mmabatho ini. Namun desain tribun yang seolah melayang tentu sangat menarik perhatian banyak orang.

Hanya desain tribunnya saja yang nyentrik, selebihnya semua berfungsi normal. Stadion ini bahkan masih rutin digunakan hingga sekarang.

13. Sapporo Dome, Jepang

stadion terunik di dunia sapporo dome
www.japantimes.co.jp

Sapporo Dome adalah stadion paling mewah yang masuk dalam daftar stadion terunik di dunia. Terletak di kawasan bersuhu dingin yaitu Sapporo, Jepang.

Saat musim dingin, kota ini selalu tertutup salju. Sehingga stadion ini dirancang sebagai stadion tertutup. Hebatnya, lapangan di dalam stadion dapat dipindahkan keluar stadion.

Biasanya lapangan dikeluarkan saaat udara cerah, sehingga rumput terkena cahaya matahri dan mendapat udara segar.

14. Stadio Hernando Siles, Bolivia

stadion terunik di dunia stadio hernando siles
www.wikiwand.com

Stadion terunik di dunia berikutnya adalah Hernando Siles. Stadion ini terletak di Kota La Paz, Bolivia. Markas dari klub La Paz FC ini berada di ketinggian 12 ribu kaki. Menjadikannya stadion profesional tertinggi di dunia.

Beberapa negara yang bertanding melawan Kolombia sempat protes ketika pertandingan diadakan di stadion ini. Tentu karena di ketinggian 12 ribu kaki, udara jauh lebih tipis.

FIFA sempat menyetujui protes tersebut dengan melarang stadion ini menggelar pertandingan kualifikasi Piala Dunia di sana. Namun tak lama mereka mencabut larangan itu karena menuai protes yang tak kalah banyaknya.

15. Stadion Kantrida, Kroasia

stadion terunik di stadion kantrida
rijecanin.rtl.hr

Letak salah satu stadion terunik di dunia ini di antara tebing raksasa dan Laut Adriatik. Membuatnya menjadi salah satu stadion yang memiliki pemandangan paling indah.

Keunikannya tak akan bertahan lama, karena pemerintah akan meratakan area stadion untuk dibangun jalan raya.

Stadion Terunik di Dunia Memang Mengagumkan

stadion terunik di dunia marina bay stadium
www.footyfair.com

Tak salah stadion-stadion tersebut masuk daftar stadion terunik di dunia, karena memang masing-masing memiliki ciri khasnya.

Walaupun kamu bukan penggemar sepak bola, pasti ada stadion terunik di dunia yang menjadi favoritmu kan?

Coba tuliskan stadion favoritmu di kolom komen!

Biarkan teman-temanmu tahu stadion favoritmu.

1 thought on “Daftar Stadion Terunik di Dunia, Dijamin Beda dari Stadion Lainnya!

Leave a Reply